thoughtsonareadinglife.blogspot.com adalah situs yang memberikan informasi mengenai kesehatan dan kehamilan

Jumat, 06 April 2018

Gejala Kanker Paru dan Penyebabnya

Penyebab Dan Gejala Kanker Paru - Sama seperti kanker lain, kanker paru-paru juga merupakan kanker yang berasal dari suatu kelainan sel yang merupakan unit paling dasar dari tubuh kita. 

Pada pertumbuhan sel tubuh, biasanya akan mempertahankan sistem checks and balances sehingga sel dapat membelah untuk menghasilkan sel-sel baru yang sangat diperlukan tubuh. Jika sistem ini mengalami gangguan maka keseimbangan pertumbuhan sel menjadi tidak terkendali hingga akhirnya membentuk massa yang saat ini dikenal sebagai penyakit tumor.

Tumor sendiri bisa menjadi ganas ataupun jinak. Tumor jinak biasanya tidak menyebar ke bagian tubuh yang lain dan bisa dihilangkan. Sementa  tumor ganas merupakan tumor yang disebut kanker. Tumor ganas tumbuh dengan begitu agresif dan akan menyerang jaringan-jaringan pada tubuh sehingga akhirnya sel-sel tumor masuk sistem limfatik atau aliran darah. Setelah itu, tumor akan menyerang bagian dalam tubuh. Proses penyebarannya sendiri disebut metastasis.

Kanker paru-paru cenderung akan bermetastasis atau menyebar sehingga sangat berbahaya dan mengancam jiwa. Kanker paru-paru bisa menyebar dan menginfeksi setiap organ yang ada di dalam tubuh. Bagian tubuh yang biasa diserang adalah kelenjar adrenal, otak, tulang dan hati. Jika bagian-bagian yang disebutkan sudah terserang, maka kanker ini sangat sulit untuk bisa diobati.

Penyebab Kanker Paru-paru

Penyebab utama dari kanker paru-paru adalah kebiasaan merokok. Meskipun anda adalah perokok pasif, tetapi anda tetap memiliki resiko terkena kanker paru-paru. Penyebab lain adalah  polusi udara oleh asap kendaraan, udara yang telah terkontaminasi oleh zat asbes dan pembakaran atau asap rokok.

Gejala Kanker Paru-paru

Gejala kanker paru-paru sangat sulit diketahui karena kanker sama sekali tidak menunjukkan gejala apapun jika pertumbuhan sel kanker masih belum parah.
25% dari total penderita kanker paru-paru diketahui memiliki gejala kanker paru-paru setelah diri mereka diperiksa dengan sinar X atau CT scan secara rutin.

Gejala kanker paru-paru yang paling umum adalah gangguan pada pernapasan seperti sesak napas, nyeri dada dan batuk, bahkan bisa sampai batuk darah.

jika saraf sudah terserang maka bisa menimbulkan gejala kanker paru-paru seperti nyeri pada bahu atau kelumpuhan pada pita suara. Invasi pada kerongkongan membuat penderita kesulitan menelan.

Kanker paru-paru yang sudah mencapai tulang bisa menghasilkan rasa sakit yang luar biasa pada tulang. Sementara itu, gejala kanker paru-paru seperti sakit kepala, pengelihatan kabur dan stroke merupakan tanda bahwa kanker sudah sampai ke otak.

Gejala Kanker Paru dan Penyebabnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sarah Veronica

0 komentar:

Posting Komentar