thoughtsonareadinglife.blogspot.com adalah situs yang memberikan informasi mengenai kesehatan dan kehamilan

Jumat, 06 April 2018

Gejala Kanker Lambung dan Penyebabnya Yang Harus Diwaspadai

Penyebab Dan Gejala Kanker Lambung - Kanker lambung atau gastric cancer adalah kanker yang menyerang bagian lambung. Kanker lambung sendiri menempati urutan ke 3 dari daftar kematian akibat kanker secara global baik pria maupun wanita. Kanker tersebut sangat umum ditemukan di Asia Timur.

Kanker ini juga menempati urutan ke-6 penyebab kematian pria di Singapura. Kemungkinannya mencapai 50 berbanding satu terkena kanker lambung. Kanker jenis ini merupakan penyebab kematian sekitar 300 orang setiap tahunnya di Singapura.

Gejala Kanker Lambung

Apa saja gejala kanker lambung yang perlu anda ketahui? Pada tahap awal pertumbuhannya, gejala kanker lambung sangat sulit untuk diketahui karena kanker lambung memiliki sedikit gejala. Terkadang sama sekali tidak memiliki gejala sehingga sangat sulit untuk menditeksinya. 

Seseorang mungkin saja secara mendadak kehilangan selera makan dan berat badannya. Bahkan mungkin dapat mengalami sakit kronis di bagian perut secara mendadak. Akan tetapi gejala kanker lambung yang cukup umum adalah rasa sakit di bagian perut atau dyspepsia, yakni timbulnya rasa sakit atau ketidaknyamanan yang terjadi di bagian atas perut. Hal tersebut terjadi karena naiknya asam lambung atau terkena radang lambung. 

Dikarenakan gejala kanker lambung yang sangat sulit diditeksi, maka banyak orang termasuk dokter sekalipun sangat sulit untuk segera menduga terdapat kanker lambung pada tubuh seseorang.
Inilah alasan kenapa kanker lambung sering diketahui secara terlambat, karena sedikitnya gejala kanker lambung yang dapat dilihat dan cenderung tampak pada tahap kanker telah sampai pada stadium lanjut.

Penyebab Kanker Lambung

Selain gejala, tentunya anda juga perlu mengetahui penyebab dari kanker lambung. Lalu apa sih yang menyebabkan terjadinya kanker lambung? Sampai saat ini, penyebab dari kanker lambung masih belum dipastikan. Akan tetapi, beberapa faktor berikut dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker lambung pada tubuh anda.
  •  Radang lambung kronis. Rada lambung ini dapat mengacu pada radang lambung dalam jangka waktu yang panjang.
  • Pernicious anemia atau penurunan jumlah sel darah merah dalam tubuh. Ini terjadi karena saluran pencernaan tidak mampu menyerap vitamin B12 dengan baik sehingga sel darah merah berkurang secara terus menerus.
  • Merokok, ini merupakan kebiasaan yang tidak hanya menyerang paru-paru tetapi juga lambung
  • Mengkonsumsi makanan yang telah diasapi
  • Jarang memakan sayuran dan buah
  • Faktor keturunan
  • Bakteri Helicobacter pylori yang merupakan sebuah bakteri yang menyebabkan infeksi pada lambung. Bakteri ini tinggal pada lapisan lendir di dalam lambung.
 



Gejala Kanker Lambung dan Penyebabnya Yang Harus Diwaspadai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sarah Veronica

0 komentar:

Posting Komentar