thoughtsonareadinglife.blogspot.com adalah situs yang memberikan informasi mengenai kesehatan dan kehamilan

Jumat, 06 April 2018

Gejala Kanker Hati dan Penyebabnya Yang Harus Diwaspadai

Gejala Kanker Hati dan Penyebabnya Yang Harus Diwaspadai - Kanker hati primer adalah penyakit yang ditimbulkan oleh sel kanker yang berasal dari hati. Nama dari tipe-tipe kanker hati primer disesuaikan dengan asal tumbuhnya sel kanker tersebut. 

Hepatocellular carcinoma atau hepatoma tumbuh dari sel utama hati yang bernama hepatocytes. Sementara itu, jenis kanker hati primer yang tidak umum berasal dari cholangiocytes atau sel yang terletak di garis saluran empedu. Berdasarkan asalnya itu, maka kanker ini lebih dikenal dengan sebutan kanker cholangiocarcinoma. Sering juga disebut dengan nama kanker saluran empedu. Selain penyebab kanker hati primer, kanker hati sekunder atau kanker metastatik juga tumbuh dari organ hati.

Serangan kanker hati primer pada pria 2 kali lebih banyak jika dibandingkan dengan wanita. Kanker hati adalah kanker paling umum yang menempati urutan ke-5 dan ke-7 penyakit yang menyerang pria dan wanita. Negara-negara Asia memiliki 80% pasien kanker hati primer dari total 600.000 kasus yang terdiagnosa setiap tahunnya.

Gejala Kanker Hati dan Penyebabnya

Ada tiga faktor utama yang dapat menyebabkan tumbuhnya HCC atau kanker hati primer yang paling umum. Ketiga faktor tersebut adalah infeksi kronis penyakit Hepatitis B, infeksi kronis penyakit Hepatitis C dan berlebihan dalam mengkonsumsi alkohol. Mereka yang terkena infeksi kronis Hepatitis B dan terkena Hepatitis C memiliki resiko terkena penyakit kanker hati 100x lebih besar dibandingkan individu normal.

Faktor lain selain ketiga hal di atas adalah aflatoxin atau racun yang terdapat pada kacang yang telah berjamur, kondisi kesehatan yang diwariskan dan penyebab dari cirrhosis seperti hepatitis autoimun.
Kanker hati bisa dicegah dengan peran masyarakat untuk menghindari faktor-faktor di atas sebelum gejala kanker hati terlihat pada salah satu individu.
Jangan sampai gejala kanker hati muncul pada tubuh anda karena sulit diobati. Oleh karena itu, hindari beberapa penyebab kanker hati di atas dan ketahui gejala-gejala dari kanker hati.

Gejala Kanker Hati

Apa saja gejala kanker hati tersebut ? Orang yang terkena HCC tidak memiliki gejala kanker hati yang berbeda dengan penyakit hati kronik yang lain. Oleh karena itu, mungkin agak sulit untuk menditeksi kanker hati.Tetapi dengan gejala yang semakin memburuk seperti terjadi pembengkakan pada perut yang diakibatkan cairan ascites, encephalopathy atau berubahnya kondisi mental, mengalami sakit kuning atau pendarahan di bagian sistem saluran pencernaan bisa meningkatkan kemungkinan terjadinya HCC. 

Selain itu, beberapa pasien juga terkadang merasakan gejala kanker hati seperti rasa nyeri di perut bagian atas, berat badan hilang dengan drastis, mudah kenyang tetapi terasa letih dan lesu, anoreksia atau benjolan yang bisa dirasakan di perut bagian atas.

Gejala Kanker Hati dan Penyebabnya Yang Harus Diwaspadai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sarah Veronica

0 komentar:

Posting Komentar